Thursday, January 24, 2019

Komponen Jaringan Dan Perangkat Jaringan


  • PERANGKAT KOMPUTER
  1. Komputer atau pc (didalam ada perangkat yang menghubungkan dengan jaringan misal NIC, Modem)
  2. Printer
  3. Scanner
  • Perangkat Jaringan
  1. Modem:Modem adalah sebuah alat yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan internet melalui telepon, line kabel dan layanan dari penyedia jasa telekomunikasi lainnya.
  2. NIC:NIC adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer.
  3. Hub:Hub adalah merupakan sebuah perangkat jaringan yang bekerja pada OSI layer 1, Physical Layer. Sehingga Hubhanya bekerja tak lebih sebagai penyambung ataupun concentrator saja, serta hanya menguatkan sinyal di kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP).
  4. Switch:Switch adalah suatu perangkat atau Device yang berfungsi sebagai pengatur dan pembagi sinyal data dari suatu komputer ke komputer lainnya yang terhubung pada perangkat tersebut, fungsi tersebut sama dengan fungsi HUB yang menjadi perbedaan adalah switchbisa melakukan pengaturan berupa proses filter paket data.
  5. Router:router adalah sebuah alat untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet untuk mendapat tujuannya, proses tersebut dinamakan routing. Proses routing itu sendiri terjadi pada lapisan 3 dari stack protocol tujuh lapis OSI.
  6. Firewall:Firewall adalah perangkat yang diguanakan untuk mengontrol akses terhadap siapapun yang memilik akses terhadap jaringan private dari luar.
             CV Karsa Energi Sejahtera
         KaESa Solutions

No comments:

Post a Comment