Thursday, January 24, 2019

Konsep Teknologi Jaringan

  1. PAN (Personal Area Network)
PAN merupakan jaringan komunikasi antar satu perangkat dengan perangkat lainnya dengan jarak yang sangat dekat, yaitu hanya dalam beberapa meter saja. Personal Area Network atau PAN, menggunakan teknologi WAP (wireless Aplication Protocol) dan Bluetooth.

*Kegunaan PAN:
  • Menghubungkan perangkat perangkat komputer
  • Sebagai komunikasi personal

     2. LAN (Local Area Network)
LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil seperti: warnet, gedung perkantoran, kampus, sekolah, dll. Untuk LAN umumnya berbasis teknologi IEE 802.3 ethernet menggunakan switch.
Lalu ada juga teknologi 802.11b (WiFi) yang sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menggunakan teknologi WiFi disebut hotspot.

     3. MAN (Metropolit Area Network)
MAN merupakan suatu jaringan dalam 1 kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antara 10km hingga 50km. MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kota-kota dalam satu kkota antara pabrik/instalasi dan kantor pusa yang berada dalam jangkauannya.
      4. WAN (Wide Area Network)
WAN adalah suatu jaringan komputer yang mencangkup area yang luas dan besar, yaitu antar wilayah kota, daerah, provinsi, negara atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi. Bebarapa pada  area geografi yang luas. Terdiri dari beberapa jaringan lebar area beberapa daerah yang dihubungkan. Hubungan antara LAN menggunakan serial. Peralatan jaringan tersebar pada area yang luas. Internet merupakan salah satu contoh dari WAN.
    5. WMAN (Wireless Metropolit Area Network)
WMAN adalh jaringan Wireless Network yang menghubungkan beberapa jaringan WLAN (Wireless Local Area Network**). Standar IEEE 802.1b untuk WMAN adalahWiMAX (Worldwide Interoperability Microwaves Access). Standar yang dikeluarkan ETSI untuk WMAN adalah HiperMAN (High Peformance Radio Metropolitan Network).

             CV Karsa Energi Sejahtera
         KaESa Solutions

No comments:

Post a Comment